September 18, 2014
You can use WP menu builder to build menus

Selain belajar cerdas dan kerja cerdas, cara tidur juga perlu diatur secara cerdas. Seperti kita ketahui selama ini tidur tidak harus lama melainkan ditekankan pada kualitas tidur itu sendiri. Dr Nerina Ramlakan, seorang ahli konsultan dari Inggris menyatakan bahwa tidur cerdas sangat penting bagi tubuh kita khususnya untuk menyegarkan kondisi tubuh yang penat beraktifitas sepanjang harus.

Ada beberapa tips atau kiat yang disampaikan oleh Ramlakan dan enam tips ini dinilai sangat penting untuk diketahui agar tidur cerdas itu terpenuhi.

1. Durasi atau lama waktu tidur

Agar tubuh terasa segar bugar kembali, tidur tidaklah harus lama. Mantan perdana menteri Inggris, Margaret Thatcher, juga mantan presiden RI, BJ Habibie, konon hanya memerlukan waktu empat jam untuk memejamkan mata dalam sehari semalam. Namun demikian, Ramlakhan, menyatakan bahwa kebutuhan setiap orang bisa jadi berbeda. Orang yang secara fisik bekerja lebih keras, akan memerlukan waktu tidur yang lebih lama. Hal yang penting bagi setiap orang adalah bisa mengukur kebutuhan waktu tidur yang disesuai kondisi fisiknya, dan tentunya tidak berlebihan.

2. Diet

Sebaiknya tidak makan menjelang tidur malam. Kata dia, lebih baik mengutamakan sarapan pagi dibanding makan di malam hari. Makan pada kondisi yang tepat dapat membantu tubuh untuk menciptakan metabolisme yang sempurna. Poin yang harus dipastikan menjelang tidur adalah kondisi tubuh cukup mendapatkan suplai makanan serta tidak berlebihan.

3. Pejamkan Mata Sekejap

Memanfaatkan sedikit waktu di siang hari untuk bisa beristirahat sejenak, dinilainya, juga akan membantu menyegarkan tubuh. Tidur terlelap sejenak di siang hari akan membantu menetralkan kondisi tubuh. Winston Churchill, mantan perdana menteri Inggris, termasuk tokoh yang senang tidur sekejap, lelap sebentar di siang hari.

4. Lokasi

Tempat untuk tidur juga menjadi faktor yang dapat menentukan kualitas tidur. Orang yang tidur dengan tidak sengaja di sembarang tempat akan sulit mendapatkan kesegaran ketika bangun. Mereka yang sengaja memilih tempat yang nyaman untuk tidur, akan lebih cerah kondisi fisiknya ketika bangun tidur.

5. Gerak Badan

Menggerakkan badan atau olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Olahraga bisa melancarkan peredaran darah kita, serta menambah semangat untuk beraktivitas. “Selain itu, olahraga juga dapat membantu menormalkan produksi hormon yang bisa membantu kenyamanan ketika tidur,” ujar dia.

6. Mimpi

Mimpi dalam tibur juga tidak boleh diabaikan untuk mencapai tidur cerdas. Mimpi bisa jadi merupakan pancaran memori yang tersimpan dalam otak. “Saya menyarankan semua orang agar memperhatikan mimpi seperti halnya memperhatikan teman sendiri,” kata Ramlakhan. Menurut dia, mimpi juga bisa menjadi cermin dari persoalan hidup yang dihadapi seseorang. Dengan mengingat mimpi, orang bisa mendapat alat bantu untuk memecahkan masalahnya.

No Comments

Leave a Comment